Perbaikan Pelayanan Kepegawaian BKPSDM Kabupaten Kotabaru Dengan Aplikasi Berbasis Web Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG)

PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEB

SISTEM INFORMASI MANAJEMAN KEPEGAWAIAN (SIMPEG)

KABUPATEN KOTABARU

 

BKPSDM Kab. Kotabaru - Sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan fungsi dan tugas suatu instansi. Fungsi esensial manajemen sumber daya manusia adalah memastikan agar organisasi dapat mencapai tujuan-tujuan strategisnya dengan memiliki sumber daya manusia yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan instansi secara kuantitas maupun kualitas. Pengelolaan aspek manajemen sumber daya manusia dalam sebuah instansi dapat dikelola dan dilaksanakan dengan optimal, pengelolaan yang dilakukan secara konvensional sudah tidak efektif dan efisien pada saat ini, untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka harus dikembangkanya suatu sistem informasi manajemen kepegawaian yang handal.

Perbaikan Pelayanan Kepegawaian BKPSDM Kabupaten Kotabaru Dengan Aplikasi Berbasis Web Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG)

Sebagai implementasi dari program pemerintah yang ditetapkan dalam propenas 2000 – 2004, keppres no. 50 tahun 2000, tentang tim koordinasi telematika indonesia, dan instruksi presiden no. 6 tahun 2001, tentang pengembangan telematika di Indonesia, Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, yang mengamanatkan bahwa sistem informasi perlu dimanfaatkan untuk mendukung kebijakan pembangunan, serta arahan dari Bupati Kotabaru Bapak H. Sayed Jafar,SH mengenai perbaikan dan peningkatan pelayanan di bidang kepegawaian. Plt. Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kotabaru Bapak H. Minggu Basuki menerima arahan tersebut untuk mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dalam khususnya Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Kepegawaian (SIMPEG) Kabupaten Kotabaru.

Sistem Informasi Manajeman Kepegawaian adalah sebuah sistem informasi yang dirancang sebagai solusi untuk menangani manajemen data kepegawaian mulai dari pengelolaan data induk kepegawaian hingga menangani berbagai macam laporan yang berhubungan dengan kepegawaian sehingga memudahkan untuk meningkatkan pelayanan administrasi kepegawaian. Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian menjadi solusi tepat bagi sebuah instansi dalam mengatasi masalah manajemen kepegawaian.

Tujuan Implementasi Sistem Informasi Manajeman Kepegawaian adalah dapat terwujudnya suatu sistem informasi berintegrasi dalam suatu jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi yang akurat untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi. Oleh karena itu, komitmen semua instansi untuk menjalankan sistem haruslah sangat tinggi agar terciptanya informasi yang tepat dan akurat.

            Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Kepegawaian (SIMPEG) pada suatu instansi adalah melakukan penginputan, pengawasan dan monitoring dalam hal data kepegawaian. Data kepegawaian diinput dengan baik dan benar ke dalam database SIMPEG, Setelah database diinput dengan baik, barulah sistem dapat memproses sesuai dengan kebutuhan instansi yang menggunakan sistem tersebut.

Dalam pengolahan kepegawaian SIMPEG dapat menghasilkan berbagai laporan seperti Daftar Urut Kepangkatan (DUK), riwayat kenaikan pangkat, data pegawai yang akan naik pangkat, data riwayat jabatan, riwayat diklat teknis maupun fungsional, riwayat penghargaan yang telah diterima pegawai, data pegawai yang telah maupun yang akan pensiun, data keluarga PNS, dan berbagai laporan lain yang telah dipersiapkan pada Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Kepegawaian (SIMPEG).

Dengan tersedianya berbagai report yang dapat dihasilkan Aplikasi SIMPEG, maka oleh pihak yang berkepentingan dapat mempergunakan Aplikasi ini untuk memanajemen kepegawaian pada instansinya tersebut sesuai dengan peruntukannya. SIMPEG biasanya dipergunakan oleh pimpinan untuk mempermudah memberikan pelayanan kepegawaian, menata sebaran pegawai pada seluruh instansi, serta mempersiapkan kemungkinan lain yang dibutuhkan oleh pihak atasan seperti analisis kebutuhan PNS pada instansinya, maupun penyusunan para pejabat eselon II, III dan IV yang oleh pihak atasan memiliki kinerja baik dan dapat menerima komunikasi dari atasan dalam menentukan arah pembangunan daerahnya.

Akhirnya dapat disimpulkan bahwa SIMPEG dapat dipergunakan untuk mempercepat proses pencatatan dan pengolahan data dan mampu menyajikan informasi kepegawaian kapan saja, sehingga informasi yang diminta dapat tepat waktu, tepat sasaran, dan akurat. Secara spesifik tujuan dari pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Kepegawaian (SIMPEG) adalah untuk mendukung integritas data, kemudahan pengaksesan, dan kemudahan pengelolaan sehingga dapat mendukung kelancaran pelaksanaan dan fungsi dalam bidang administrasi kepegawaian yang efektif dan efisien.

            Plt. Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kotabaru Bapak H. Minggu Basuki, mengharapkan kepada seluruh operator Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Kepegawaian (SIMPEG) agar melengkapi secara maksimal data pegawai di instansi masing-masing, untuk membangun data induk kepegawaian sehingga apabila data sudah terbangung secara baik dan tepat maka Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Kepegawaian (SIMPEG) kedepanya dapat melayani semua kebutuhan pelayanan kepegawaian di Kabutpaten Kotabaru diantaranya Berkala dan Kenaikan Pangkat secara daring.


Tanggal Publish : 2020-06-26