Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Formasi 2019

PELAKSANAAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) CPNS FORMASI 2019 KABUPATEN KOTABARU DI MASA PANDEMI COVID-19

 

BKPSDM Kab. Kotabaru - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Formasi 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru yang sedianya dilaksanakan pada akhir Maret 2020 ditunda, dikarenakan kasus penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 yang kian masif secara nasional. Penundaan tersebut tidak berbatas waktu dimana akan dievaluasi oleh Panselnas CPNS Tahun 2019 dalam bentuk Surat Edaran yang hasilnya akan diberitahukan kemudian sebagai pedoman daerah, salah satunya Pemerintah Kabupaten Kotabaru, untuk melaksanakan tes tersebut.

Penundaan itu secara resmi termuat dalam Surat Nomor B/318/M.SM.01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal Penundaan Jadwal Pelaksanaan SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019. Pemerintah hingga saat ini belum memutuskan bahwa pelaksanaan SKB pada seleksi CPNS Formasi Tahun 2019 akan ditiadakan. Seperti halnya dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), SKB akan menjadi rangkaian seleksi yang hasilnya akan turut menentukan kelulusan peserta dalam seleksi cpns dimana nilai dari hasil nilai SKD (40%) dan nilai SKB (60 %) dijumlahkan dan dibagi sesuai dengan ketentuan sehingga penjelasan ini sekaligus merupakan bantahan atas sejumlah informasi tak berdasar yang menyebutkan bahwa kelulusan pada seleksi CPNS Formasi tahun 2019 hanya melihat hasil SKD semata.

Adapun Pengadaan CPNS Formasi Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 673 Tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru tahun Anggaran 2019, di mana Pemerintah Kabupaten Kotabaru mendapat formasi sebanyak 144 formasi cpns , dengan rincian 59 tenaga pendidik/guru, 43 tenaga kesehatan, dan 42 tenaga teknis.

Dari total 144 formasi yang sudah diujikan pada SKD bulan Februari kemarin, ada 25 formasi kosong yang disebabkan oleh 8 formasi yang tidak memiliki pelamar/ kurang diminati dan 17 formasi yang tidak ada satupun yang lulus passing grade saat SKD. Rata-rata adalah jabatan guru. Sehingga jika tidak ada perubahan kebijakan tentang pengisisan formasi jabatan dari peserta lain yang mendaftar formasi yang sama namun berbeda unit kerja seperti tahun sebelumnya, ada kemungkinan Pemerintah Kabupaten Kotabaru hanya menerima 119 formasi.

Dan pada akhirnya , untuk pelaksanaan tes SKB secara nasional pada umumnya dan Pemerintah Kabupaten Kotabaru Khususnya tetap menunggu arahan dari BKN yang sampai saat ini sedang mengkaji kemungkinan pelaksanaan SKB jika akan berlangsung di tengah pandemi COVID-19 dengan mengelaborasi model pelaksanaan SKB yang tidak bertentangan dengan protokol kesehatan dan keselamatan.

CPNS




 

 


Tanggal Publish : 2020-06-26